Comment

Blog Archive

Pages

Manfaat duri dan kulit ikan kakap yang dapat di olah


PENGOLAHAN DURI DAN KULIT IKAN KAKAP
Dalam pengolahan ikan, semua bagian dari ikan dapat dimanfaatkan. Termasuk juga pengolahan ikan kakap. Daging ikan kakap dapat diolah menjadi bakso, nugget, siomay, abon, dan lain-lain. Sedangkan kulitnya dapat dimanfaatkan menjadi kripik kulit kakap dan durinya dijadikan rempeyek duri atau diolah menjadi tepung duri untuk kemudian dapat dicampurkan pada adonan krupuk ikan atau makanan lainnya.
Cara pengolahan kulit kakap :
Kulit ikan kakap setelah diambil dagingnya, dicuci bersih, direndam dalam bumbu (bawang putih, ketumbar, kunyit, garam, daun jeruk purut), dijemur sampai kering kemudian digoreng sehingga dapat dihasilkan kripik kulit lele.
Image result for keripik kulit ikan kakap
Cara pengolahan duri ikan kakap :
Duri ikan kakap dipresto bersama bumbu seperti bumbu kulit ikan kakap kemudian dijemur sampai kering. Setelah kering dapat dimasukkan dalam adonan rempeyek atau dapat digiling halus menjadi tepung duri ikan dan selanjutnya dicampurkan pada adonan makanan untuk menambah citarasa.
Selain dapat dipresto duri ikan kakap dapat dimanfaatkan untuk membuat kaldu dengan cara merebus duri tersebut dalam air mendidih, sampai matang, didinginkan, kemudian disaring, maka akan dihasilkan kaldu ikan

0 on: "Manfaat duri dan kulit ikan kakap yang dapat di olah "